Friday, May 31, 2013

Apa Yang Terjadi di 31 Mei

Assalamu’alaikuuuuuuum!!! Jamaaaaah oooooh jamaaah~ Alhamdu…lillah :D

HEY GUYYYSSSSSS!!!! Gimana kabar ente? Baik-baik sajo bukan? Kagak terasa udah dipenghujung bulan ye~ untuk merayakan(?) hari akhir dibulan Mei ini gue mau buat postingan nih.. Udah pada tau kaaan hari ini hari apa? Hari Jumat!! Iyeee gue juga tau ini hari Jumat.. Oke, sebenarnya gue juga baru tau tadi sih pas nonton tv (tumben banget gue pacaran sama tv, biasanya gue bercinta sama bantal plus guling-_-), kalo hari ini adalah Hari Anti Tembakau Sedunia.. WOW!! Sedunia, gan!! Pantesaaaan temlen gue ada yang pada asik bahas segala macam yang berbau tembakau alias rokok. Hahaha kudet banget ye gue -_- kemana ajaaaa baru tau kalo sekarang Hari Anti Tembakau Sedunia -___- parah abis ih.. 

say no to smoking!!

Gue ambil dari MbahWikipedia niiih.. Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.

What?!!! Disuruh puasa rokok dalam sehari alias 24 jam?! Cuma sehari tuh? Trus besok-besoknya ngerokok lagi? Menurut gue sih itumah percumaaa kaleeee dibuat hari anti tembakau kayak gini, toh juga masih banyak masyarakat yang kagak tau sama ntu perayaan, trus mah tetep aja ngerokok.. Kalo tau rokok dapat menyebabkan dampak buruk, terus kenapa rokok masih tetap diproduksi?! Kenapa kagak dimusnahin aja!!! Bahayanya nyawa, gan! NYAWA!!! Buat yang merokok tapi belum merasakan dampak apa-apa mah janganlah bersantai, nanti….setelah anda tua anda akan merasakan dampaknya pada tubuh anda. Yang paling bahaya itu si perokok pasif.. Kasian harus merasakan dampaknya juga, gue masih perokok pasif neeeh -_- tapi Alhamdulillah sekarang udah kagak..karna orang-orang terdekat gue bersih dari ntu benda.. :))
Tadi gue lihat berita ditv; banyak yang menolak hari anti tembakau ini, terus ada juga mahasiswa yang demonstrasi menyuruh perokok stop merokok dengan cara mengganti rokok dengan permen, dan berbagai aksi lainnya yang kagak sempat gue lihat.. Heheeehe… :p
No Tobacco Day...

Baca nooooh! No rokok!
Awalnya gue mulai jadi perokok pasif tuh dulu pas Alm. Kakek gue masih hidup. Yeah, beliau memang seneng banget sama ntu benda mematikan.. Dulu pas gue nginap dirumah Nenek gue, ya otomatis lah ya gue tidur juga disana, yaiyalah namanya juga nginap. Nah, pas gue serumah tuh sama beliau.. Asli dah rasanya kagak enak banget!!! Bukannya gue kagak nyaman dirumah beliau, bukaaan.. Bukan itu. Masalahnya adalah itu kali pertama gue harus berhadapan sama asap rokok.. Ketika gue harus merasakan bau asap rokok yang sumpah gue kagak bisa jelasin gimana rasanya.. Tau kan rasanya kayak gimana? Sumfeeeeh demi apapun gue kagak suka!!

Mirisnya lagi, sebelum masa-masa Alm Kakek meninggal, beliau masih sempat-sempatin aje tuh buat ngerokok. Hellooooo!!! Maut udah dekat masih aje bercinta ama ntuh benda mematikan… bukannye malah berdoa.. #MaafinAkuKakek ;(((( gue sedih banget pas Kakek gue meninggal… Soalnya pas beliau sakit, gue cuman bisa nengokin satu kali doang. Iyasih, kalo gak salah satu kali..ditambah nginapnya juga. Trus pas beliau meninggal, gue dapet infonya pas Jumat pagi, pas gue masih SMP kelas 1, salah satu keluarga gue nelponin abah gue, ngasih tau kalo Kakek udah meninggal.. Subhanallah banget ye, meninggalnya pas malam Jumat.. Dan sedihnya lagi…..gue kagak hadir pas pemakaman!! Gue mesti sekolah..dikarenakan jarak yang begitu jauh dari rumah gue kerumah nenek.. Maka gue ditinggal dan harus kudu masuk sekolah.. Padahal gue pingin banget nganterin Kakek kerumah terakhirnya.. Yeah beliaulah yang memberi kesan tentang asap rokok padaku. Jadi semasa hidupnya, beliau sering sekali merokok… Sering banget gue menjauhin beliau gara-gara asap rokok yang dikeluarkan dari rokok tercintanya itu. Kadang aja kalo gue lagi sibuk nonton tv dirumah nenek, eh beliau ada disamping gue, trus gue bilang ‘Kakek, tolong menjauh dari sini (dari deket tv).. Asap rokoknya bau banget! Aku nggak tahan’ trus perlahan bliau menjauh.. Hehe kangen masa-masa itu…….. Semoga beliau tenang disana.. Ditemani oleh para bidadari surga yang tjantik jelita tak tertandingi oleh siapapun, kecuali nenek gue.. Hihihi.. Alhamdulillah nenek gue masih hidup sampai sekarang, semoga beliau panjang umur, jadi bisa melihat gue sukses nanti. Amiiin Ya Robbal ‘Alamiiiin!!
Udah kan kagak ada lagi orang terdekat gue yang merokok? HEEEEYYYYY ternyata masih ada -_- puncaknya pas kakak gue yang betina kawin sama si jantan (yaiyalah! Masa sama betina juga? Apel makan apel dong? -___-) yang perokok. Duhh!!! Dan yang parahnya lagituh ye, pas awal-awal kawin, tinggal serumah lagi.. Gue harus berjuang melawan asap rokok lagi deh, anjir kagak tahan banget gue ama baunya. Heran gue kenapa ntu laki kayak nganggap rokok sama seperti napasnya ye, kalo kagak ada rokok seolah-olah mati rasa gitu. Buseeetdah! Rokok bisa membuat si pemakainya kecanduan, habis satu pengen lagi, habis lagi pengen lagi.. Habis satu kotak, beli lagi dua kotak -_- gila kan.. Udah berapa uang yang habis buat beli rokok? Emang ada gitu manfaatnye? Kagak ada kaan? Ya kalo emang rokok dapat membuat IQ tinggi mah, silahkan beli banyak-banyak! Kalo perlu beli pabriknya sekalian!!! Biar greget! HUAHAHA!!!

Oh ya, ngomong-ngomong soal asap. Gue paling kagak suka sama asap; Mulai dari asap rokok, obat nyamuk, pembakaran sampah, dan yang berbau tidak enak lainnya -_-

Gue paling males deket-deket sama perokok aktif, kenapa? Gue kagak mau jadi perokok pasif, karna bahaya peroko pasif lebih besar dibandingkan perokok aktif. Rugi banget kan gue, masa cuman nyium asap rokok dikit gue juga harus kena dampaknya? Trus masa yang ngerokok resikonya ringan dari perokok pasif.. Tapi kalo dipikir-pikir sih, perokok aktif mah berat juga kaleee, harus berhapadan dengan resiko;
Penyakit mematikan
Yap, karna bendanya mematikan, maka penyakitnya harus mematikan juga dong? #Geblek -__-
banyak banget racunnya -___- eeewww
Kanker paru-paru. Buat pria, wanita, bencong, banci, siapapun pokonya, sama! Mau kagak kena penyakit kayak begini? Sehat itu mahal, gan! Jangan sia-siain hidup lo cuman untuk merokok, trus dapet nih penyakit sebagain bonusnya karna udah rajin ngerokok. Ya semacam penghargaan gitu -_-. Selain kanker paru-paru, lo juga bisa kena kanker lainnya. Kanker atau yang sering abege bilang sekarang KANtong KERing -_- kalo idup lo pas-pasan, nyadar diri dong! Kalo buat makan aja susah, mau ngerokok -_- lebih baik kagak usah idup!!! Bisanya cuman nyusahin orang aja! #KagakNyante #MaafKesindir.

Apa aja penyakit/dampak  yang lain? Banyak!!!
Jantung, diabetes, gangguan janin dan pernapasan, rambut rontok, rusaknya indra pengecap, penyakit mulut, dan yang lainnya, silahkan gugling! Haha
Gue juga paling males banget berhadapan sama perokok aktif! Kenapaaa? Gue males banget nyium napasnya!!! Bauuuuu bangeeeet sumfeeeh -_- udah melebihi orang yang kagak sikat gigi seminggu, you know -_- hahaha jijaaaay banget. Jauh-jauh deh lo dari gue!!!

Parahnya sekarang yang merokok tidak hanya orang dewasa sampai abege sampai lanjut usia!! Anak kecil juga bisa merokok -_-
ya ampuuun deeek, masih kecil kok ngerokok...... :((
Dek.... Sekolah dulu yang benerrrr -__-

Anak kecil merokok tidak hanya terjadi di Indonesia, namun diluar negeri... Aduuuuh cakep-cakep kok gini... Emak bapaknye kagak becus amat sih ngerawat.. Sini deh, jadi adek aku aja! #eaaa #NasibAnakBungsu wkwk :D

Ini juga kayaknye bukan anak Indo deh. Mirip-mirip Filipina atau Thailand gitu. Mukanya kagak nyante, bro! -__-

-_________-
Haddoooh makin parah ajanih dunia, mendekati akhir zaman……. Mari kita jauhi rokok!! Demi masa depan kita, dan tentunya demi masa depan suami/istri kita nanti!! ;)))
BE SMART!!!!
Hidup sehat tanpa rokok! No cigarets....
 
Namun terlanjur sayaaaang aku padamu kenapa? Fatalnya itu rokok banyak dipake buat sponsor-sponsor alias iklan buat acara-acara maupun banyak kegiatan lainnya. Contohnya saja beasiswa? Adakaaan salah satu rokok yang mensponsori atau meng-apalah dalam beasiswa itu.. dan emang kayaknya omset rokok ini banyak banget -____-
Hahaha........makin jongkok aje -_-
Eh omong-omong asap niiih. Ada yang suka nyiumin asap knalpot gak sih? Gak tau kenapa ya dulu waktu kecil, gue sering banget nyiumin asap knalpot motor. Gue ngerasa kalo asapnya enak aja buat dicium, wkwkwk sampai sekarang sih yaa suka-suka dikitlah, kadar sukanya dikurangin. Kagak kayak waktu kecil yang niat banget nyiuminnya. Eh tapi bukan knalpotnya yang dicuim loh ya, asap! Cuman asapnya yang mengepul itu kok. Haha gile aje gue nyium knalpot, bisa dower kali nih bibir -___- WKS! Padahal kan asap knalpot itu bahaya juga ya? Bahayanya karna mengandung zat-zat berbahaya, seperti; Karbon Monoksida(CO), Timbal (Pb), NO dan Ozon (03)
Mau tau penjelasan tentang zat-zat berbahaya tesebut? Niiih gue copy-in..dapat disini
Karbon monoksida misalnya, zat ini mempunyai daya ikat yang kuat terhadap hemoglobin. Sehingga kadar oksigen yang terikat dalam darah menjadi minim. Kalo oksigen kurang otomatis kita akan merasakan sesak napas, dan pusing-pusing.
Sedangkan zat seperti timbal (Pb), NO dan Ozon (03) Jika melewati ambang batas 0.12 ppm (mikrogram per-kubik meter) mengganggu metabolisme tubuh. Satu mikrogramnya merusak sistem pencernaan dan pernapasan. Bahayanya lagi bisa menggangu tingkat kecerdasan (IQ) Anak. Parah banget, gan! Nganjlokin IQ juga -__-
Dan khusus untuk wanita bisa terserang mandul (endometriosis).
Nah, agan-agan semua.. Jadi bila berkendaraan biasakan memakai penutup mulut agar gas beracun itu tidak terhirup.
Bagi anak muda alias abege sekarang jangan terlalu sering sering nongkrong di pinggir jalan yang banyak kendaraan lalu lalang, kalo gak mau IQ nya jongkok…

Ngeri juga ya, yaaa 11 12 lah sama bahaya rokok.. Kalo gitu mah gue tobaaat!!! Kagak mao lagi cium-cium asap knalpot T__T #ciumreadersajalahkalogitu mwah mwah!! LOL XD

Hehe gimana? Gaje, yak? Yang setubuh sama saya mari yuk komen dikomen. Ramein ini blog yang udah penuh sama debu plus sarang laba-laba -__- karena kagak ada yang bersihin..pluus ngeramein, hiks hikssss...

Oh iya!!! Besok udah memasuki awal bulan Juni~ YEEEEEYYYYY 12 HARI LAGI ADA APAAAAA YAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA  semoga umur gue panjang.. Amin YRA. :))

gambar saya sedot dari http://www.google.co.id/ semua.. ;)
Sekian, wassalam.
Imuth :D

21 comments:

  1. Idiwwww... Menghayati bner entee tentang rokok... Manteepp deehh postingannyee...


    Nyohh anee kasi (y) (y) (y)

    ReplyDelete
  2. Setuju sama posting anti rokoknya :)
    Tapi gimana-gimana emang rokok salah satu industri besar di Indonesia, jadi wajar perusahaan rokok mensponsori pendidikan atau olahraga (meskipun aneh banget yak, olahraga buat sehat yg sponsorin malah ...) dan kalo perusahaan rokok bangkrut, bayangin ada berapa puluh ribu pegawai perusahaan rokok dari kelas menengah ke bawah jadi pengangguran. Nah loh :D

    dilematis ya :')
    pada akhirnya stop merokok hanya bisa kembali ke masing-masing pribadi. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kakren: Iya kak ;') gimana lagi ya hm~~ ngenes ih..

      @Haris: Haha ;))

      Delete
  3. Iya nih betul. Gua juga gak suka nyium bau rokok tuh makanya gue sekeluarga bebas rokok. hebat kan. dan gue paling kesel kalo misalnya lagi di luar trus ada bapak-bapak yang ngerokok. ih langsung deh gue tegur, kalo enggak juga berenti yah gue terpaksa ngalah dengan ngejauh dari dia.

    btw main-main ke blog gue yah.. :)
    http://dariwulandari.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang suka kesel sendiri deh kalo nyium tuh asap rokok -__- mau negur, eh kagak sampe hati negurnya.. takut kesinggung :(( ntar berabe dah jadinya.. jalan terbaik ialah menjauhinya haha

      sip! otw ke blog anda~ :))

      Delete
  4. Postingannya panjang bener dah.. Niat abis.
    Asap knalpot bikin IQ turun? Waduh, harus sering2 kurangin nongkrong di jalanan, nih. -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kan emang udah diniatin dulu mau posting, dalam rangka menyambut akhir bulan(?) hahaha.. :p
      iya, itu katanya om gugel sih hehe.. nah jangan sering2 nongkrong dijalanan, selain kagak sehat terkena asap debu polusi, itu bisa dosa juga kalo kagak bisa menjaga pandangan dari hal-hal yang tak boleh dipandang #apaandeh -__-

      Delete
  5. aduh cape bacanya -__-

    Alhamdulillah, saya gak ngerokok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha udah baca semua? :p
      Alhamdulillah (y) mantap hehe ;))

      Delete
  6. saya sebenarnya lebih setuju kalo jargon-nya adalah Hari Anti Rokok Se-Dunia...kalo tembakau sich agak kurang pas, karena tembakau bisa dijadikan bahan obat2-an medis, dan petani tembakau juga mau dikemanakan.....,
    kalo rokok...harus dilarang , karena rokok juga ada yang terbuat bukan dari tembakau...tapi dari kertas halus yang dilumuri tembakau sintetis :-)

    ReplyDelete
  7. Postingan tentang informasi rokoknya bagus banget (baca sambil mulut menganga), hebat hebat

    Hai salam kenal, join blog saya ya di
    http://litarachman.blogspot.com kasih kritik dan saran juga ya di kotak komen

    Terima kasih
    Keep posting blogies :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha jangan sambil menganga -_- ntar dimasukin lalat kakak~

      salam kenal balik :)

      Delete
  8. Alhamdulillah. *menjawab paragraf pertama postingan ini*

    Dan, sama banget, gue orang yang ngga bisa kena asep rokok. Nyium dikit aja bikin otak gue ashma. Parah. Apalagi kalo yang ngerokok-nya ngga tau diri. Bawaannya pengen gue banjur pake air kobokan batu ponari biar insaf dia.

    Duh, jadi curhat. Muahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wetseeeh. orang pertama yang jawab salam gue nih. haha.

      wuidih ngeri banget kak sampe segitunya :o

      haha iya gapapa, sering-sering juga boleh ;) :p

      Delete
  9. Ebusetttt ini postingan niat banget hahaha
    keren keren,\ (y)
    semoga kakekmu ditempatkan ditempat yang layak disisinya ya :")

    ReplyDelete
  10. hahahhaaha.... mantaps postnya,,, semangat anti rokok,,, tapi ku masih merokok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. perubahan dimulai dari diri anda sendiri. so, stop merokok! :D

      Delete

Selesai baca ayuk dikomen. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak anda. Haha :))
Enjoy your blogwalking! :))